Persepsi Masyarakat terhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan Bus Transjabodetabek dengan Metode Uji Asumsi Klasik dan Uji Regresi Linear Berganda

  • Muhammad Rinaldi Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhammad Nanang Prayudyanto Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Syaiful Syaiful Universitas Ibn Khaldun Bogor
Keywords: Quality of Service, Customer Satisfaction, TransJabodetabek, Classic Assumption, Multiple Linear Regression Test

Abstract

Abstrak

Bus Transjabodetabek merupakan sarana transportasi umum yang sangat diminati masyarakat Jabodetabek untuk melakukan perjalanan. Bus ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 oleh Kementrian Perhubungan. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan operator bus Transjabodetabek, dilakukan kajian mengenai tingkat kepuasan pelayanan operator bus berdasarkan persepsi penggunanya yang mengacu kepada Standar Pelayanan Minimal (SPM) Angkutan Umum menurut Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 29 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dalam Trayek. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana tingkat pelayanan operator bus Transjabodetabek berdasarkan persepsi penumpangnya. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah 100 responden di 4 terminal Transjabodetabek. Hasil uji diukur dengan skor 1-4. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan metode  survey, analisis data menggunakan program komputer SPSS versi 25 dengan metode uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kualitas pelayanan fasilitas halte bus sebesar 2,46 dengan kategori tidak memuaskan dan pelayanan pada fasilitas bus sebesar 2,67 dengan kategori memuaskan. Nilai rata-rata total kepuasan pelayanan operator bus sebesar 2,56 dengan kategori memuaskan. 2) Didapatkan persamaan regresi linear berganda Y = -0,571 + 0,061X1+ 0,035X2.

Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, TransJabodetabek, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda.

Abstact

Intercity Transjabodetabek bus is attractive public transportation for the Greater Jakarta (Jabodetabek) communities’ daily working trips. The bus is established in 2015 by MoT. Therefore, to determine the level of service satisfaction of the Transjabodetabek bus operator, a study was conducted on the level of service satisfaction of bus operators based on user perceptions which refer to the Minimum Service Standards (SPM) for Public Transport according to the Minister of Transportation Regulation (PM) Number 29 of 2015 concerning Minimum Service Standards. Insider Transportation Route. The purpose of this study was to find out how the service level of Transjabodetabek bus operators based on passenger perceptions. This study uses a questionnaire with a total of 100 respondents in 4 Transjabodetabek terminals. The test results are measured with a score of 1-4. This study uses a questionnaire with the research method used is descriptive qualitative and quantitative survey method, data analysis using the computer program SPSS version 25 with the classical assumption test method and multiple linear regression test. The results of this study indicate: 1) The service quality of the bus stop facilities is 2.46 in the unsatisfactory category and the service at the bus facilities is 2.67 in the satisfactory category. The average value of total service satisfaction of bus operators is 2.56 with a satisfactory category. 2) The multiple linear regression equation Y = -0,571 + 0,061X1+ 0,035X2 is obtained.

Key words: Quality of Service, Customer Satisfaction, TransJabodetabek, Classic Assumption, Multiple Linear Regression Test.

References

Azra, Zeinyta Haroen, Lily Surayya Eka Putra, Miskul. (2014). Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Jakarta. Prosiding ISSN 2355-4721, 227-232

Garling, T., Eek, D., Loukopoulos, P., Fujii, S., Johansson, O., Kitamura, R. (2002). A conceptual analysis of the impact of travel demand management on private car use. Transport Policy, 9(1), hal 59-76.

Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25” Edisi 9. Penerbit: Universitas Diponegoro, Semarang.

Gujarati. (2003). “Ekonometrik Dasar Terjemahan Sumarno Zain”. Penerbit: Erlangga, Jakarta.

Husein, U. (2011). “Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis” Edisi 11. Penerbit: PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Santoso, Singgih. (2002). “SPSS Versi 11.5” Cetakan Kedua. Penerbit: Gramedia, Jakarta.

Sumarni, M. dan Wahyuni, S. (2006). “Metodologi Penelitian dan Bisnis”. Penerbit: ANDI, Yogyakarta.

Sugiyono, (2013), “Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D”. Penerbit: ALFABETA, Bandung.

Tjiptono, F. (2004). “Pemasaran Jasa”. Penerbit: Bayumedia, Malang.

Sujarweni, V. W. (2014). “SPSS untuk penelitian”. Penerbit: Pustaka Baru, Yogyakarta.
Published
2021-11-27