Perancangan Geometrik dan Perkerasan Ruas Jalan Cibugel - Garela

  • Patrianus Risan Tanda Universitas Faletehan Bandung
  • Ariostar Ariostar Universitas Faletehan Bandung
Keywords: Keywords: Road Geometry, Road Bend, Pavement, Flexible Pavement.

Abstract

ABSTRAK

Untuk membangun suatu wilayah baik itu pembangunan jangka panjang, jangka menengah, maupun jangka pendek, dibutuhkan perancangan yang matang. Jalan raya merupakan salah satu infrastruktur penting yang berfungsi sebagai prasarana untuk menunjang keberlangsungan hidup manusia moderen. Jalan merupakan aspek penyokong kegiatan ekonomi dan mobilitas manusia Zaman sekarang. Untuk membangun jalan dan sistem jaringannya kita membutuhkan perencanaan serta analisis yang tepat guna dijadikan acuan maupun patokan dalam membangun jalan dan sistem jaringan jalan agar lebih efisian, terstruktur, tepat guna dan tidak boros biaya serta waktu, dan tentunya agar tidak tidak terjadi kesalahan dalam proses pembangunan, dimana dalam merencanakan pembangun jalan tahapan yang harus dilakukan adalah Perancangan geometric, Perkerasan jalan dan sistem drainasenya.

Pada perancangan peningkatan ruas jalan Cibugel – Garela di perbatasan Kabupaten Garut dan Kabupaten Sumedang  ini direncanakan perkerasan yang akan digunakan adalah perkerasan lentur ( flexible pavement ), Dalam merencanakan pekerjaan jalan tersebut tentunya dibutuhkan data data, baik itu data primer maupun data sekunder semisal  data topografi, data analisis daya dukung tanah, data curah hujan maupun data kependudukan dan segala jenis aspeknya. Dalam merencanakan ruas jalan cibugel – garela dipakai metode binamarga 1987.

Kata Kunci: Geometrik Jalan, Tikungan Jalan, Perkerasan Jalan, perkerasan lentur

ABSTRACT

To develop an area, whether long-term, medium-term, or short-term, careful planning is needed. Roads are one of the important infrastructures that function as infrastructure to support modern human life. Roads are an aspect of supporting economic activity and human mobility today. To build roads and their network systems, we need proper planning and analysis to be used as references and benchmarks in building roads and road network systems so that they are more efficient, structured, efficient and cost-effective and time-consuming, and of course so that there are no mistakes in the development process., where in planning road construction the stages that must be done are geometric design, road pavement and drainage system. In the design of improving the Cibugel - Garela road on the border of Garut Regency and Sumedang Regency, it is planned that the pavement to be used is flexible pavement. soil carrying capacity analysis data, rainfall data and population data and all kinds of aspects. In planning the Cibugel – Garela road section, the 1987 Binamarga method was used.

               Keywords: Road Geometry, Road Bend, Pavement, Flexible Pavement.

References

Departemen Pekerjaan Umum. 1997. “Buku Tata cara Perencanaan Geometrik jalan Antar Kota No. 038/TBM/1997”. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga.

Hadihardaja, Joetata. 1997. “Rekayasa Jalan Raya”. Jakarta: Gunadarma.

Hendarsin, Shirley L. 2000. “Perencanaan Teknik jalan raya”. Bandung: Poltek Negeri Bandung Press

Keng Wong, Irwan Lie. 2013. “Studi Perbandingan Perkerasan Jalan Lentur Metode Bina Marga Dan AASTHO dengan Menggunakan Uji Dynamic Cone Penetration (Ruas Jalan Bungku Funuasingko Kabupaten Morowali)”. Konferensi Nasional Teknik Sipil 7, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Puas, Darius. 2004. “Jalan Dalam Langkah Land Desktop Dan Civil Design”. Bandung: Informatika.

Saodang, Hamirhan. 2004. “Konstruksi jalan Raya (Geometrik Jalan)”. Bandung: Nova.

Saodang, Hamirhan. 2004. “Konstruksi jalan Raya (perancangan geometrik jalan)”. Bandung: Nova

Sukirman, S. 1999. “Dasar – Dasar Pencanaan Geometrik Jalan”. Bandung: Nova.

Published
2021-11-27