PROTOTYPE SISTEM INFORMASI PEMBEBASAN LAHAN TRASE JALAN TOL KOTA BANJAR BERBASIS WEBGIS (STUDI KASUS RENCANA PEMBANGUNAN TRASE JALAN TOL DI KOTA BANJAR)

  • Maulana Khoer
Keywords: Area of Interest (AOI), Unmanned Aerial Vehicle (UAV), WebGIS, Mozaik Citra

Abstract

Prototype Sistem Informasi Pembebasan Lahan Trase Jalan Tol Kota Banjar Berbasis WebgGIS (Studi Kasus Rencana Pembangunan Trase Jalan Tol di Kota Banjar)?. Dewasa ini seperti yang kita tahu bahwa pembangunan infrastruktur sedang gencar dilakukan oleh pemerintah. Salah satu infrastruktur yang sedang gencar dibangun adalah Jalan Tol. Jalan Tol adalah jalan umum yang kepada pemakainya dikenakan kewajiban membayar tol dan merupakan jalan alternatif lintas jalan umum yang telah ada. Jalan tol diselenggarakan dengan maksud untuk mempercepat pewujudan jaringan jalan dengan sebagian atau seluruh pendanaan berasal dari pengguna jalan untuk meringankan beban pemerintah. Diantara tujuan dibangunnya jalan tol adalah memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang, meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang pertumbuhan ekonomi, meningkatkan pemerataan hasil pembangunan dan keadilan. meringankan beban dana Pemerintah melalui partisipasi pengguna jalan. Banyak manfaat yang didapat oleh masyarakat dengan menggunakan jalan tol. Namun, ada beberapa kendala yang biasanya menjadi hambatan dalam pembangunan jalan tol. Salah satu penyebab yang menjadi hambatan dalam membangun jalan tol adalah pembebasan lahan yang seringkali menimbulkan masalah. Klasifikasi lahan adalah langkah awal yang sangat tepat dalam merencanakan pembebasan lahan khususnya jalan tol. Dengan klasifikasi lahan kita dapat menentukan serta mengasumsikan nilai ganti rugi yang akan dikeluarkan. Saat ini pemanfaatan citra tegak resolusi tinggi hasil dari akuisisi Unmanned Aerial Vehicle (UAV) merupakan solusi untuk melakukan klasifikasi dan pembuatan peta dengan skala besar.

Published
2018-07-03
Section
Articles