IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI PADA DATA PENJUALAN NOTEBOOK DI TOKO KOMPUTER PONDOK GEDE

  • Heru Sukma Utama
  • Gustap Dimas Sutanto
  • Muhammad Arifin Nurul Qhomar
Keywords: Data Mining, Algoritma Apriori, Penjualan

Abstract

Penjualan online pada saat ini menjadi primadona bagi masyarakat, dimana pembelian dapat
dilakukan tanpa harus datang ke tempat tersebut, dengan menggunakan internet masyarakat
baik yang ada dikota maupun desa tinggal mengakses internet untuk melihat penjualan online.
Untuk mengetahui tren penjualan notebook yang paling banyak diminati, maka penulis akan
mengimplementasikan metode algoritma apriori dimana sering disebut analisis asosiasi
dengan menggunakan teknik data mining untuk menemukan aturan asosiasi. Penelitian ini
menggunakan 48 data transaksi dan ada 1 asosiasi yang memenuhi syarat. Hasilnya terdapat
salah satu pola kombinasi yang paling tinggi support-nya yaitu jika order Lenovo G580 maka
akan order Lenovo Sat E640) dengan nilai confidence mencapai 60%. disusun sesuai urutan
abjad dan dipisahkan oleh tanda titik koma.

Published
2018-07-03
Section
Articles