DESAIN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Para peserta didik dapat dimungkinkan mempunyai maksud belajar yang berbeda, latar
belakang yang tidak sama, tingkat pengetahuan yang tidak sejajar, kompetensi yang
bervariasi, serta gaya belajar yang tidak serupa. Oleh karena itu sebuah sistem pembelajaran
yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik sangat layak untuk diwujudkan sehingga
para peserta didik memperoleh materi dengan model penyajian yang berbeda sesuai dengan
kebutuhan dan kecocokannya dalam belajar. Sebuah perangkat pembelajaran berbantuan
teknologi komputer perlu didesain untuk memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam
membangun secara aktif pengetahuan yang dimilikinya melalui suatu proses adaptif
pengorganisasian pengalaman belajar berbasis modalitas belajar siswa. Pada paper ini
disajikan aplikasi berbasis website untuk menentukan gaya belajar yang dimiliki oleh peserta
didik. Metode penelitian menggunakan Research & Development (R&D). Unjuk kerja sistem
diuji dengan menggunakan metode pengujian black-box dan uji validitas alpha-beta pada
setiap modul sistem. Sementara itu metode tindakan kelas (class action) dan survei digunakan
untuk mengidentifikasi kelayakan dari desain aplikasi. Berdasarkan pada serangkaian
observasi serta analisis dapat disimpulkan bahwa dari 130 mahasiswa, di antaranya 27%
mempunyai modalitas belajar visual, 16% auditory, 14% read-write, dan 43% kinestetik.
Mengacu dari hasil tersebut maka penting dalam penggunaan media pembelajaran yang
disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik dalam mencapai peningkatan yang signifikan
pada penguasaan serta pemahaman materi belajar dan penguatan pengalaman baik dalam
lingkungan formal maupun non-formal