PERANCANGAN RHYTYM GAME PENGENALAN LAGU NASIONAL, LAGU DAERAH DAN LAGU ANAK “NUSA” MENGGUNAKAN UNITY 2D GAME ENGINE

  • Ghamal Nasser
  • Hersanto Fajri
  • Fitrah Satrya Fajar Kusumah
Keywords: Game, Rhythm Game, Unity, Lagu, NUSA, Waterfall

Abstract

Lagu adalah suatu kesatuan musik yang terdiri atas susunan berbagai nada yang berurutan. Setiap musik ditentukan oleh panjang-pendek dan tinggi-rendahnya nada-nada tersebut. Disamping itu irama juga memberi corak tertentu kepada suatu lagu. Sumarno membagi musik berdasarkan nada yang digunakan menjadi 3 macam yaitu musik diatonis (pop, jazz, rock dan lain-lain), musik pentatonis (musik tradisional) dan musik kontemporer (musik komputer). Di Indonesia terdapat 120 lagu wajib nasional dan 200 lagu daerah dan juga lagu anak. Hanya saja lambat laun lagu-lagu tersebut mulai hilang eksistensinya. Hal ini disebabkan karena sekolah jarang sekali mengajarkan materi lagu nasional dan daerah sampai anak didik benar-benar bisa menghafal dan menyukai lagu-lagu tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan sebuah solusi agar lagu-lagu tersebut bisa kembali eksis dan dikenal kembali. NUSA (Nyanyian Untuk Satukan Anak Bangsa) adalah sebuah game ber-genre Rhythm Game yang berisi lagu wajib nasional, lagu daerah dan anak-anak yang dibuat untuk platform android dengan menggunakan software Unity 2D. Metode yang digunakan dalam pembuatan game ini adalah Metode Waterfall. Game ini bertujuan agar para pemain mengenal kembali lagu-lagu tersebut dengan cara yang menyenangkan. Konsep Rhythm Game sangat sederhana, pemain hanya menekan hit circle ketika approach circle berada diarea hit hingga lagu yang dimainkan selesai. Setelah lagu yang dimainkan selesai, maka akan muncul score yang didapatkan dalam permainan tadi..

Published
2018-07-03
Section
Articles