IM CENTER E-LEARNING SYSTEM (STUDI KASUS DI PT. AMANAH KARYA INDONESIA)

  • Danang Hermanto
  • Puspa Eosina
  • Fitrah Satrya Fajar Kusumah
Keywords: credit point, e-Learning system, waterfall, LMS

Abstract

Saat ini penerapan teknologi informasi banyak dimanfaatkan untuk menunjang berbagai aspek, tidak terkecuali pada bidang bisnis. IIM Center e-Learning system merupakan sistem e-Learning yang dibangun untuk perusahaan IIM Center yang bertujuan untuk menunjang salah satu produk dari IIM Center yaitu pelatihan manajemen seputar perbankan dalam bentuk video kursus. IIM Center sendiri memiliki perhatian khusus dalam pengembangan IIM Center e-Learning system ini seperti ingin terdapatnya fitur credit point yang digunakan untuk menetapkan harga tiap course dalam bentuk point dan juga untuk diberikan kepada customer yang mendaftar agar kemudian bisa ia bagikan kepada para user nya sebagai syarat agar dapat mengakses course yang tersedia sesuai dengan cara menukarkan point mereka dengan course yang ingin mereka akses. Kemudian IIM Center menginginkan halaman user dengan url spesifik dimana url tersebut terdiri dari url utama diikuti dengan nama customer dibelakangnya dikarenakan IIM Center berpikir bahwa dengan begitu halaman user menjadi terlihat lebih ekslusif seolah ? olah para customer memiliki LMS sendiri dan dapat mengelola user mereka sendiri. Tujuan penelitian ini adalah membangun IIM Center e-Learning system dengan fitur credit point dan juga halaman user dengan url spesifik Pengembangan sistem pada penelitian ini menggunakan metode waterfall, tools modeling sistem dengan UML (Unified Modelling Language), dan bahasa pemograman yang digunakan adalah PHP & MYSQL sebagai database. IIM Center e-Learning system yang dibangun merupakan sistem yang dapat mengelola data customer, data user, data kursus dan data credit point.

Published
2018-07-03
Section
Articles