Sistem Informasi Pelayanan KB Berbasis Web Dengan Whatsapp Gateway
Abstract
Bidan adalah sebuah badan usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan Keluarga. Jenis pelayanan KB yang biasa digunakan yaitu suntik KB 3 bulan dan suntik KB 1 bulan. Permasalahan yang terjadi pada Bidan adalah belum adanya pengingat jadwal periksa kembali yang menyebabkan banyaknya pasien KB yang lupa untuk melakukan pemeriksaan kembali serta dalam hal melakukan pendaftaran terhadap pasien KB masih menggunakan cara manual yaitu dengan cara melakukan pencatatan tertulis pada buku kohort pelayanan KB yang dilakukan oleh petugas bidan setempat. Pada penelitian ini dilakukan perancangan sistem informasi pelayanan KB berbasis web dengan menggunakan Whatsapp yang digunakan untuk mempermudah dalam melakukan pelayanan KB sehingga pasien dapat mengingat jadwal periksa kembali. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode waterfall: analisis, desain, pengkodean, dan pengujian. Pengumpulan data yang digunakan ada data primer dan data sekunder. Data primer berupa observasi dan wawancara sedangkan Data sekunder berupa data pasien KB, data profil, jurnal-jurnal, e-book dan buku-buku sebagai acuan dan referensi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem informasi ini menghimpun informasi tentang pelayanan KB terutama suntik KB 3 Bulan dan suntik KB 1 Bulan. Beserta memudahkan pasien KB dalam menentukan jadwal suntik kembali periksa KB. Dan sistem informasi ini memudahkan pengelola Bidan dalam mengelola data pasien KB.