Gap Analisis informasi Hashtag dengan Semiotika Foto Unggahan @jelajahgarut Mengunakan Kamus Khusus Terbatas
Abstract
Sektor pariwisata merupakan sektor yang efektif untuk dapat meningkatkan pendapatan negara. Indonesia dengan potensi keindahan alam dapat menjadi daya tarik bagi para wisatawan.Garut merupakan Kabupaten di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memiliki potensi besar untuk di kembangkan, dalam mempromosikan wisata alam di Garut media sosial Instagram merupakan media yang efektif untuk dijadikan media promosi. Akun Instagram @jelajah_garut merupakan salah satu akun populer yang banyak mengunggah tentang potensi wisata alam Garut yang masih belum banyak terekspos. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu meningkatkan jangkauan dan popularitas akun @jelajah_garut melalui pengoptimalan penggunaan hashtag agar lebih mudah di cari dan di akses oleh para pengguna Instagram, dengan metode kategorisasi dan semiotika foto denotative didapatkan bahwa ternyata penggunaan hashtag dengan kata kunci yang sesuai dengan konten foto atau yang bersifat general bisa meningkatkan jangkauan pencarian para pengguna Instagram. Dan juga didapatkan bahwa akun @jelajah_garut selama ini dalam menentukan hashtag pada foto masih menggunakan crowdsorcing yang belum akurat dengan isi fotonya.Sehingga saran dari penelitian ini adalah untuk akun @jelajah_garut agar dapat membuat atau menambahkan hashtag yang lebih akurat dan populer namun sesuai dengan isi foto, agar metadata pada foto sesuai dan lebih mudah untuk ditelusuri oleh mereka yang membutuhkan informasi.