Analisis Rasio Sekolah Taman Kanak-Kanak Di Kota Depok Berbasis Web GIS
Abstract
Bila dilihat secara agregat kota, sebenarnya ketersediaan sarana prasarana pendidikan dilihat dari kuantitas dan kualitas di Kota Depok telah memadai, namun jika dilihat secara rasio ditingkat satuan pendidikan masih terdapat kesenjangan antara ketersediaan sarana prasarana dan jumlah siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis indeks rasio ketersediaan Taman Kanak-Kanak di Kota Depok lalu menyusun sebuah sistem identifikasi ketersediaan Taman Kanak-Kanak berbasis Web GIS di Kota Depok. Metode yang digunakan dengan menganalisis Indeks Rasio Ketersediaan Taman Kanak- Kanak. Hasil yang diperoleh adalah nilai indeks yang mengalami penurunan dan peningkatan salah satunya Kecamatan Sukmajaya, menunjukan bahwa terjadi penurunan yakni dari 36.39 di Tahun 2017 menjadi 21.25 di Tahun 2018. Sedangkan Kecamatan Pancoran Mas mengalami peningkatan dari 16.62 di Tahun 2017 menjadi 22.37 di Tahun 2018. Identifikasi ketersediaan Taman Kanak-Kanak dapat menjadi informasi spasial, membantu pihak dinas pendidikan Kota Depok untuk dapat melihat sebaran lokasi sekolah.