Analisis Spasial K-Means Clustering Sebaran Keluhan Pelanggan PDAM Tirta Pakuan Berbasis Webgis

  • Diky Randyka Kurniawan Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Budi Susetyo Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Erwin Hermawan Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Ibn Khaldun Bogor
Keywords: K-Means, Clustering, PDAM, WebGIS

Abstract

Air sebagai kebutuhan dasar manusia sesuai dengan Undang-Undang No. 7 Tahun 2004 tentang sumber daya air menyebutkan bahwa pemerintah daerah sebagai penyedia pelayanan publik menyediakan kebutuhan dasar tersebut melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). PDAM adalah salah satu bentuk sektor publik yang merupakan bagian dari perekonomian nasional yang dikendalikan oleh pemerintah. Dalam penyajian data dan Informasi, PDAM Tirta Pakuan sendiri kini sudah berbasis online, baik di web ataupun mobile, selain itu sudah tersedianya forum pengaduan keluhan untuk pelanggan juga. Ada saja pelanggan yang mengadu ke PDAM Tirta Pakuan dengan berbagai macam keluhan, ada air bocor, air keruh sampai air bau. Dilihat dari data keluhan pelanggan PDAM Tirta Pakuan, belum ada pengelompokan keluhan dari pelanggan itu sendiri, sehingga terkadang petugas sulit untuk menganalisa data keluhan tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian, tujuan dari penelitian ini untuk melakukan analisis sebaran keluhan pelanggan PDAM Tirta pakuan di Kota Bogor, lalu dapat menampilkan informasi tersebut menggunakan WebGIS agar lebih efektif dalam memberikan visualisasi data.

Published
2019-10-01
Section
Articles