Persepsi Netizen Terhadap Kebijakan Pemerintah Pada Ojek Online Menggunakan Twitter Analysis

  • Abdullah Ramdhani Universitas Garut
  • Bani Khaerul Muzadid Universitas Garut
  • Dini Turipanam Alamanda Universitas Garut
  • Fikri Fahruroji Universitas Garut
Keywords: Transportasi Online, Ojek Online, Diskon, Big data

Abstract

Transportasi online saat ini sudah menjadi suatu gaya hidup. Salah satu sarana transportasi yang digemari masyarakat saat ini adalah ojek online. Tidak heran segala sesuatu yang berkaitan dengan ojek online akan banyak direspon oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola reaksi masyarakat dalam merespon isu yang sedang terjadi melalui media sosial Twitter. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah software Phyton dan R Studio. Hasil output yang didapat dari penelitian ini adalah berupa wordcount serta visualisasi output data. Hasil penelitian dari pola interaksi yang didapat menunjukkan bahwa topik pembicaraan yang banyak diperbincangkan terkait kebijakan pemerintah terhadap ojek online adalah mengenai wacana penghapusan diskon ojek online.

Published
2019-10-01
Section
Articles