Analisis Persepsi Warganet Mengenai Halal Menggunakan Twitter

  • Wati Susilawati Universitas Garut
  • Rahmi Nurul Aulia Universitas Garut
  • Dini Turipanam Alamanda Universitas Garut
  • Abdullah Ramdani Universitas Garut
  • Anita Kurniasih Universitas Garut
Keywords: Halal, Big Data Analysis, Presepsi, Warganet

Abstract

Kesadaran masyarakat muslim terhadap halal semakin meningkat seiring dengan meningkatnya

informasi dan kriteria mengenai halal itu sendiri. Kata halal sendiri bisa melekat pada berbagai sector, produk maupun jasa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi warganet di media sosial twitter dalam menggunakan hashtag #halal dalam twit maupun percakapannya. Dengan menggunakan analisis big data, dipilih 10 kata yang paling ramai diperbincangkan di twitter berkaitan dengan halal yaitu antara lain Allah, Haram, Korea, Makanan, BPOM, Produk, Gaji, Herbal, Rejeki, dan Kerja. Pattern menunjukkan bahwa terdapat 3 kata yang membentuk pola segitiga yaitu halal, muslim dan islam.

Published
2019-10-01
Section
Articles