Sistem Informasi Promosi dan Pemesanan Pakaian Berbasis Web pada Jasko Annazma Moslem Wear Cigombong – Indonesia

  • Adi Haryanto Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Ibn Khaldun Bogor
Keywords: Sistem Informasi,pemasaran,website,jasko Annazma Moslem Wear,Cigombong-Indonesia

Abstract

Jasko An Nazma Moslem Wear merupakan perusahaan konveksi yang bergerak di bidang produk dan jasa pembuatan pakaian muslimyang berlokasi di Jalan Bata Alam Kec.Cigombong Kab.Bogor. Pengalaman menekuni bidang usaha sejak 2015 hingga sekarang. Perusahaan ini berkonsentrasi pada penjualan pakaian muslim seperti Jasko, peci, gamis dan almamater namun kegiatan jual beli masih dilakukan secara manual, pemasaran dan promosi produk hanya mencakup area yang terbatas dan hanya mengandalkan sistem pemasaran dengan pemesanan melalui telepon dan pengenalan produk masih dilakukan secara offline. untuk melihat informasi mengenai produk yang dibutuhkan, pelanggan harus datang ke lokasi usaha untuk mengetahui informasi secara detail. Untuk menigkatkan pelayanan jasa yang mereka tawarkan kepada pelanggan Jasko An Nazma Moslem Wear memerlukan sistem informasi secara online berbasis web agar produknya lebih dikenal serta membuat sistem database penjualannya. Perancangan sistem pada Jasko An Nazma Moslem Wear dibangun berdasarkan (1) analisa sistem (2) perancangan sistem, (3) implementasi sistem. Analisa sistem pengumpulan data dengan carapengamatan kegiatan transaksi jual beli, wawancara terhadap pemilik usaha dalam hal penjualan dan dokumentasi untuk pengarsipan data yang didapat dari pemilik usaha yang diperlukan dalam pengembangan sistem. Perancangan sistem dibuat melalui tahapan diagram konteks (DFD level 0), DFD level 1), entity relationship diagram (ERD), desain input dan output serta struktur menu program. Implementasi sistem menggunakan program Microsoft visio, sublime text, adobe photoshop dan XAMPP server. Diharapkan sistem ini dapat membantu Jasko An Nazma Moslem Wear dalam meningkatkan kinerja perusahaan baik bertambahnya pelanggan, omset naik dan mempermudah sistem administrasinya.

Published
2019-10-01
Section
Articles