APLIKASI GAME AUGMENTED REALITY TEBAK BENTUK MENGGUNAKAN FUVORIA DAN UNITY3D

  • Zainal Mubarok
  • Gibtha Fitri Laxmi
  • Hersanto Fajri
Keywords: Augmented Reality, Benda, Game, Marker, Smartphone, Tebak

Abstract

Teknologi manusia sekarang berjalan dengan sangat cepat, hampir setiap beberapa bulan sekali munculsebuah model smartphone. Hal ini membuat persaingan harga yang ketat sehingga smartphone sekarangmudah didapatkan yang mengakibatkan peningkatan penggunaan smartphone. Termasuk orang tuayang masih memiliki anak, mereka mulai penggunakanya bukan untuk dirinya saja, tetapi sering juga dipakai untuk anak untuk menenangkan anak tersebut dengan memperlihatkan video hiburan atau bermain game. Tindakan ini merupakan tindakan yang kurang baik karena dapat membuat kecanduan dan idealnya masa anak-anak adalah masa belajar. Dengan penelitian ini diharapkan seorang anak bisa belajar dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan teknologi Augmented Reality, teknologi yang menambahkan informasi dalam komputer ke dunia nyata lewat interkasi layar, pengguna game akan diperintahkan untuk mengarahkan kamera smartphone untuk menghadap sebuah marker, lalu muncul sebuah bentuk yang harus ditebak nama bentuknya, dijawab dengan memasukkan nama bentuk kedalam kotak teks yang telah disediakan. Hasil akhir yang diharapkan anak-anak yang menggunakan smartphone bisa mengurangi kegiatan hiburan apapun dan terbiasa belajar dari smartphone.

Published
2018-07-03
Section
Articles