APLIKASI PEMILIHAN SISWA TELADAN PADA SEKOLAH DASAR DENGAN MENERAPKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

  • Ghali Ajie Suryo
  • Safrina Amini
  • Pipin Farida Ariyani
Keywords: kriteria, peringkat, SPK, Simple Additive Weighting SAW

Abstract

Proses pemberian penilaian dan pemberian peringkat merupakan metode yang umum digunakan pada proses belajar mengajar di sekolah. Pemberian peringkat yang berlaku saat ini hanya dihitung berdasarkan nilai mata pelajaran yang berhasil diraih. Siswa Teladan dirancang sebagai bentuk penghargaan untuk lebih menghargai para siswa dengan berbagai aspek lainnya. Penghargaan diberikan kepada siswa-siswi yang memiliki hasil penilaian terbaik selama satu semester dengan ruang lingkup satu sekolah. Dalam proses penilaian Siswa Teladan, tiga aspek yang harus diperhatikan, antara lain aspek akademis, aspek kepribadian dan aspek non-akademis. Dengan banyaknya jumlah data dan berbagai kriteria penilaian yang berbeda, pihak sekolah dihadapkan masalah alokasi waktu dan potensi human error dalam proses perhitungan. Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut, maka dikembangkan Sistem Penunjang Keputusan (SPK) untuk membantu pihak sekolah dalam menentukan gelar Siswa Teladan, Metode yang diimplementasikan adalah Simple Additive Weighting (SAW), karena dapat menghitung berbagai nilai berdasarkan kriteria dan bobot yang telah ditentukan. Setelah proses perhitungan selesai, hasil perhitungan metode SAW dapat digunakan dalam memberikan peringkat para siswa. Dengan dikembangkannya sistem ini, hasil pemberian peringkat dapat digunakan pihak sekolah dalam memutuskan siswa-siswa yang berhak mendapatkan gelar Siswa Teladan berdasarkan kriteria dan bobot penilaian yangtelah ditentukan dengan waktu perhitungan yang relatif singkat.

Published
2018-07-03
Section
Articles