DESAIN SISTEM TANYA-JAWAB PADA RESERVASI HOTEL DENGAN METODE MODEL KERUANGAN VEKTOR
Abstract
Layanan reservasi merupakan sebuah proses penyajian kembali informasi dari konten suatu basis data. Permasalahan dalam kajian proses reservasi hotel adalah bagaimana cara menyajikan dan menyediakan informasi reservasi yang sesuai dan memadai bagi calon tamu hotel. Pada penelitian ini dirancang dan dikembangkan sebuah purwarupa sistem reservasi hotel dengan antarmuka bahasa sehari-hari menggunakan model keruangan vektor (Vector Space Model, VSM). Masukan aplikasi berupa teks kalimat dalam bahasa sehari-hari serta berbahasa Indonesia akan digunakan untuk melakukan query informasi yang telah tersimpan dalam basis data hotel. Kemampuan dan performa sistem temukembali (retrieval) in bergantung pada algoritma, kekayaan pengetahuan kalimat, dan data yang dimiliki oleh basis datanya. Hasil keluaran sistem adalah informasi kepada calon tamu dengan Recall 83,79% dan Precision 85,89%. Adanya aplikasi pencarian kamar dengan antarmuka bahasa seharihari ini diharapkan menjadi sebuah alternatif pada proses reservasi hotel dalam rangka menyediakan sebuah sistem yang lebih luwes dan fleksibel dalam berinteraksi dengan penggunanya.