Analisa Penanganan Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pci

(Studi Kasus: Ruas Jalan Tepa - Letwurung Di Pulau Babar Kabupaten Mbd)

  • Muhammat Akbar Tuanaya Universitas Mpu Tantular
  • Herwin Siregar Universitas Mpu Tantular
  • Kasimir Sawito Universitas Mpu Tantular
Keywords: perkerasan lentur, bina marga, Pavement Condition Index (PCI)

Abstract

ABSTRAK

Jalan raya adalah salah satu prasarana yang akan mempercepat pertumbuhan dan pengembangan suatu daerah serta akan membuka hubungan sosial, ekonomi dan budaya antar daerah. Maka jalan darat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat di dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Kondisi jalan yang baik memudahkan mobiliitas penduduk melakukan hubungan perekonomian. Menurunnya tingkat pelayanan jalan ditandai dengan adanya kerusakan pada lapisan perkerasan jalan, kerusakan yang terjadi juga bervariasi pada setiap segmen di sepanjang ruas jalan dan apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan dapat memperburuk kondisi lapisan perkerasan jalan. Studi dilakukan terhadap ruas jalan Lintas Tepa-Letwurung, Kab.MBD, Provinsi Maluku dengan panjang jalan 45 km, namun dalam peneletian ini yang disurvei adalah 9 km yang dengan luas kerusakan 356,67 m² dibagi dalam 21 segmen dimana tiap segmen panjangnya 100 m. Jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan Lintas Timur Kota Tebing Tinggi adalah Aligator Cracking, Corrugation, Long and Trans cracking, Rutting, Patching, Potholes, Depression, Shoving, dan Ravelling. Hasil analisa menggunakan metode Bina Marga didapat nilai urutan prioritas adalah 9,953 dengan program pemeliharran rutin. Hasil analisa menggunakan metode PCI didapat nilain PCI jalan 82,428 dimana jalan termasuk dalam tingkat jalan dengan kondisi sangat baik (very good).

Kata kunci: perkerasan lentur, bina marga, Pavement Condition Index (PCI)

References

Ari S. (2012). Perkerasan Jalan Beton Semen Portlan. Beta Offset

Awaludin, M. M., Lutfi, M., & Rulhendri, R. (2019). STUDI PENGEMBANGAN JALAN RIGID PAVEMENT, DI JALAN KUMBANG KECAMATAN BOGOR TENGAH, KOTA BOGOR. Jurnal Komposit, 3(2), 71-79.

Bella, M. E. (2012). Perbandingan Metode Bina Marga Dan Matode PCI (Pavement Condition Index) Perkerasan Jalan. Kupang: Universitas Nusa Cendana.

Budiawan, T., Lutfi, M., & Rulhendri, R. (2021). Studi Pengembangan Jalan Rigid Pavement, pada Ruas Jalan Arzimar, Kota Bogor. Jurnal Komposit, 5(1), 39-45.

Hardiyatmo, H. C. (2015), Perencanaan Perkerasan Jalan & Penyelidikan Tanah. Yogyakarta: UGM Press.

Haris, A. (2015) Evaluasi Struktural Perkerasan Lentur Menggunakan Metode AASHTO 1993 dan Metode Bina Marga 2013 Studi kasus: Jalan Nasional Losari – Cirebon. Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung.

Kementerian Pekerjaan Umum. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan. Jakarta.

Nugraheni, N. A. (2018). Analisis Kondisi Fungsional Jalan Dengan Metode PSI dan RCI serta Prediksi Sisa Umur Perkerasan Jalan. Matriks Teknik Sipil.

Shahin, M.Y., Walther, J.A. Pavement Maintenance Management for Roads and Streets Using The PAVER System. US Army Corps of Engineer. New York.

Shahin, M.Y. (1990). Pavement Maintenance Management for Roads and Streets sing the Paver System. United States: US Army Corps of Engineers.

SNI. (1994) Tata Cara Survai Kerataan Perkerasan Permukaan Jalan dengan Alat ukur NAASRA. Jakarta: SNI

Sudarsono, D.U (2018). Pemeliharaan Jalan. YBPPU.

Sudarsono, D.U (2011) Kontruksi Jalan Raya, Penerbit, YBPPU, Percetakan Dunia Grafik Indonesia.

Sukirman, S. (2010). Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Bandung: Nova

Sukirman, S., (2010), Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur, Bandung; Nova.

Tendriajeng, A. T. (2012) Rekayasa Jalan I, Penerbit Gunadarma Depok.

Tendriajeng, A. T. (2012) Rekayasa Jalan II, Penerbit Gunadarma Depok.

Yoder, E.J and Witczak, M.W., (1975), Principles of Pavement Design, 2
Published
2021-11-27