Analisis Pengendalian Biaya Dan Waktu Pada Proyek Dengan Menggunakan Nilai Hasil (Earned Value)

(Studi Kasus : Gedung Parkir Mscp Millenium Village)

  • Ayu Rahmawati Institut Sains dan Teknologi Al Kamal (ISTA)
  • Idi Namara Institut Sains dan Teknologi Al Kamal (ISTA)
Keywords: Construction Project, Cost and Time, Earned Value.

Abstract

ABSTRAK

Proyek adalah suatu rangkaian kegiatan sementara yang berlangsung dalam jangka waktu terbatas, dengan alokasi sumber daya tertentu dan dimaksudkan untuk melaksanakan tugas yang sasarannya telah digariskan dengan jelas. Proyek ini direncanakan berlangsung selama 5 bulan atau sekitar 22 minggu, namun dalam proses pelaksanaan pembangunannya terjadi keterlambatan yang menyebabkan adanya penambahan biaya dan waktu pada proyek tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Earned Value Concept. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengidentifikasi apa saja faktor yang menyebabkan keterlambatan dalam pelaksanaan proyek, mengetahui kinerja waktu proyek dan mendapatkan solusi atas masalah yang terjadi pada proyek pembangunan gedung parkir tersebut. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan tinjauan secara langsung ke lapangan dan wawancara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah time schedule, Rencana Anggaran Biaya, dan laporan progres mingguan. Dari hasil analisis berdasarkan data BCWS dan BCWP, didapatkan nilai SV bernilai negatif dimana menandakan terjadinya keterlambatan dalam pelaksanaan pekerjaan, dan SPI bernilai kurang dari 1  yang berarti kinerja pekerjaan tidak sesuai dengan yang diharapkan karena tidak mampu mencapai target pekerjaan yang sudah direncanakan.

            Kata kunci : Proyek Konstruksi, Biaya dan Waktu, Earned Value.

ABSTRACT

               A project is a series of temporary activities that last for a limited period of time, with the allocation of certain resources and are intended to carry out tasks whose targets have been clearly outlined. This project was planned to last for 5 months or about 22 weeks, but in the process of implementation of the construction there was a delay which caused additional costs and time for the project. The method used in this study is the Earned Value Concept method. The purpose of this study is to identify what factors cause delays in project implementation, determine project time performance and obtain solutions to problems that occur in the parking building construction project. The research method used is by conducting direct field reviews and interviews. The data used in this study are the time schedule, Budget Plan, and weekly progress reports. From the results of the analysis based on BCWS and BCWP data, it is found that the SV value is negative which indicates a delay in the implementation of the work, and the SPI is worth less than 1 which means that the work performance is not as expected because it is unable to achieve the planned work target.

               Key words: Construction Project, Cost and Time, Earned Value.

References

Anwar, S., & Hayati, N. I. (2020). Analisis Pemakaian Metode Earned Value Sebagai Alat Pengendalian Proyek. ASTONJADRO: CEAESJ, 2(2), 19-28.

Ekso Pertiwi, Ayuhalindo. (2018). Evaluasi Pengendalian Waktu Pada Proyek Pembangunan Gedung Rawat Inap 3 dan 4 RSUD Suradadi Menggunakan Earned Value Concept. Tugas Akhir. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta, pp 31-47

Flemming, Q.W., Koopelman, J.M. (1994). The Essence and Evolution of Earned Value.

Hayati, N. I., & Lugi, D. (2020). Evaluasi Biaya dan Waktu dengan Metode Earned Value Management (Studi Kasus: Ruko Damara Village, Kel. Ciparigi, Kota Bogor). Jurnal Komposit, 4(2), 61-65.

Oktavian, R. (2019) Analisis Nilai Investasi Proyek Perumahan, Jurnal Device. Vol. 10 No. 1, 38-44

Soemardi B.W, dkk., (2007). Konsep Earned Value Untuk Pengelolaan Proyek Konstruksi.

Soeharto, Imam. (1995). Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta: Erlangga.

Susanto. (2009). Evaluasi Kinerja Waktu dan Biaya Pada Proyek Bangunan Bertingkat Dengan Pendekatan Metode Earned Value Studi kasus Proyek ABC di PT X. Skripsi. Universitas Indonesia. Depok, pp.1-2

Utami, A. B, Hamid, F.Z, & Onida, M (2015), Pengaruh Harga Pendapatan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah di D’Kranji Residence Tahap II Bekasi Barat, Epigram, 12(2)

Published
2021-11-27