Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) pada Jalan Jenderal Sudirman Kota Tangerang

  • Muhammad Faizal Institut Sains Teknologi Al-Kamal Jakarta
  • Ariostar Ariostar Institut Sains Teknologi Al-Kamal Jakarta
Keywords: Flexible Pavement, Road Damage, Pavement Condition Index.

Abstract

ABSTRAK

Jalan Jendral Sudirman Kota Tangerang Provinsi Banten,mempunyai peranan penting dalam menggerakkan perekonomian dan mendukung kegiatan sosial masyarakat. Jalan ini berfungsi sebagai jalan arteri primer yang menghubungkan Kota Tangerang dengan DKI Jakarta melalui Jalan Daan Mogot. Seiring dengan pesatnya perkembangan pembangunan pada wilayah sekitar jalan ini, dimana jumlah arus lalu lintas yang padat sehingga berdampak pada turun-nya tingkat pelayanan ruas Jalan Jendral Sudirman. Dengan demikian jalan tersebut memerlukan penanganan secepatnya dari pemerintah daerah.

Jenis-jenis Kerusakan yang dapat di lihat secara visual pada Jalan Jendral Sudirman sepanjang 2 km. Jenis kerusakan pada perkerasan lentur jalan tersebut adalah longitudinal/transverse cracking, patching and utility cut patching, polished aggregate. Jenis kerusakan yang paling banyak adalah longitudinal/transverse cracking. Hal ini secara teori disebabkan oleh retak penyusutan lapis perkerasan yang merambat dari bawah sampai ke lapis permukaan perkerasan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaiman kondisi permukaan jalan yang mengalami kerusakan dengan melakukan survei secara visual yaitu melihat dan menganalisa kerusakan tersebut berdasarkan jenis dan tingkat kerusakannya untuk digunakan sebagai dasar dalam melakukan tindakan lebih lanjut berupa pemeliharaan dan perbaikan.

Kata Kunci: Perkerasan Lentur, Kerusakan Jalan, Index Kondisi Perkerasan.

 

ABSTRACT

Jalan Jendral Sudirman, Tangerang City, Banten Province, has an important role in driving the economy and supporting community social activities. This road functions as a primary arterial road that connects Tangerang City with DKI Jakarta via Jalan Daan Mogot. Along with the rapid development of development in the area around this road, where the amount of heavy traffic flow has an impact on the decline in the service level of Jalan Jendral Sudirman. Thus the road requires immediate handling of the local government.

Types of Damage that can be seen visually on Jalan Jendral Sudirman along 2 km. The types of damage to the flexible pavement are longitudinal/transverse cracking, patching and utility cut patching, polished aggregate. The most common type of damage is longitudinal/transverse cracking. This is theoretically caused by shrinkage cracks in the pavement layer that propagate from the bottom to the surface layer of the pavement.

This study aims to find out about the condition of the damaged road surface by conducting a visual survey, namely seeing and analyzing the damage based on the type and level of damage to be used as a basis for carrying out further actions in the form of maintenance and repairs.

Key words: Flexible Pavement, Road Damage, Pavement Condition Index.

References

Agustyawan, P. E., & Hartantyo, S. D. (2016). Identifikasi Kerusakan Jalan Beton Ditinjau Dari Jenis Kerusakannya. Jurnal Civilla Universitas Islam Lamongan.

Al-Naemi, M. A., Al-Rubee, R. H., & Kareem, Z. J. (2017). Evaluation of Pavement Condition Index for Roads of Al-Kut City. International Journal of Current Engineering and Technology.

Andini, U., Rita, E., & Ayu, E. S. (2019). Analisa Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Marga. Jurnal Teknik Universitas Bung Hatta.

Antoro, J. B., Djakfar, L., & Wicaksono, A. (2016). Penentuan Prioritas Pemeliharaan Jalan Kabupaten di Wilayah Perkotaan Tanjung Redeb Kabupaten Berau. Jurnal Rekayasa Sipil Universitas Brawijaya.

ASTM D6433. (2007). Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys.

Bakri, M. D. (2020). Evaluasi Kondisi Permukaan Jalan Dengan Menggunakan Metode Bina Marga Pada Jalan Gajah Mada Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. Kota Tarakan: Jurnal Teknik Sipil Universitas Borneo Tarakan.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. (1992). Petunjuk Praktis Pemeliharaan Rutin Jalan dan Jembatan.

Direkorat Jendral Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2017). Inovasi Pemeliharaan Jalan Nasional Indonesia. Tangerang.

Fikri, M. (2016). Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Studi Kasus Ruas Jalan Poros Lamasi - Walenrang Kabupaten Luwu. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik.

Hardiyatmo, H. C. (2015). Pemeliharaan Jalan Raya Edisi Kedua. Gadjah Mada University Press.

Hasibuan, D. S. (2018). Analisa Kerusakan Pada Lapisan Kerusakan Perkerasan Rigid dengan Metode Bina Marga dan Metode PCI (Pavement Condition Index). Medan: Tugas Akhir Universitas Medan Area.

Prakosa, R. A. (2018). Evaluasi Kondisi Perkerasan Lentur Dengan Metode PCI dan Metode Lendutan Balik Untuk Perbaikan. Yogyakarta: Tugas Akhir Universitas Islam Indonesia.

Putra, S., Diana, I. W., & Sutanto, M. (2016). Identifikasi Kerusakan Pada Perkerasan Kaku (Studi Kasus Ruas Jalan Soekarno-Hatta Bandar Lampung). Jurnal Rekayasa Universitas Lampung.

Shahin, M., & Walther, J. (1990). Pavement Maintenance Management for Roads and Streets Using The PAVER System. New York: US Army Corps of Engineer.

Sirait, R. B., Sulandari, E., & S., S. A. (2017). Analisa Kondisi Kerusakan Jalan Raya Pada Lapisan Permukaan. Jurnal Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura.

Tanjung, R. I. (2017). Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penentuan Perbaikan Jalan Provinsi Pada Ruas Jalan Kisaran - Air Joman Batas Tanjung Balai. Medan: Tugas Akhir Universitas Sumatera Utara.

Yamali, F. R., Handayani, E., & Sirait, E. E. (2020). Penilaian Kondisi Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI). Jurnal Talenta Sipil.

Published
2021-11-27