Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Motivasi Belajar Siswa

  • Achmad Fathudin
  • Oking Setia Priyatna Setia Priyatna
  • Rofi’ah -
Keywords: Media Audio Visual, Fiqih, Motivasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan dan menganalisis jenis media yang cocok, tingkat motivasi dan pengaruh media audio visual dalam pembelajaran fiqih terhadap motivasi belajar sisiwa kelas VIII C MTs Negeri Kota Bogor. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif analisis. Adapun yang menjadi populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII C MTs Negeri Kota Bogor yang berjumlah 40 siswa dan diambil sampel sebanyak 38 dengan taraf kesalahan 1%. Teknik pengumpulan data pada penelitian ialah dengan menggunakan angket yang disebarkan kepada 38 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas, realibitas dan normalitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fiqih dengan perolehan R_xy sebesar 0,80 dan masuk ke dalam kategori 0,70 ? 0,90 menunjukan korelasi yang tinggi atau kuat antara variabel X dan variabel Y. Pada taraf signifikan 5% rt = 0,31, sedangkan pada taraf signifikan 1% = 0,40, ternyata r_xy lebih besar daripada harga r tabel baik pada signifikan 5% maupun pada signifikan 1%. Dengan demikian hipotesa nihil (Ho) ditolak dan hipotesa (Ha) diterima, berarti terdapat hubungan atau pengaruh yang signifikan antara media audio visual dengan motivasi belajar siswa.

Published
2018-07-03