PENGARUH KESADARAN BERAGAMA GURU MENURUT SISWA TERHADAP KETAATAN BERAGAMA SISWA DI MAN 2 KOTA BOGOR
Abstract
Melihat berbagai fakta yang terjadi saat ini, tidak sedikit para peserta didik yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas, hal ini menyebabkan banyaknya penyimpangan-penyimpangan norma dan hukum yang dilakukan oleh para peserta didik baik penyimpangan yang terjadi di sekolah ataupun di dalam masyarakat. Berawal dari masalah di atas maka skripsi ini mengkaji tentang pengaruh kesadaran beragama guru menurut siswa terhadap ketaatan beragama siswa. Pembahasaan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui kesadaran beragama guru menurut siswa dan untuk mengetahui ketaatan beragama siswa, serta untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kesadaran beragama guru menurut siswa terhadap ketaatan beragama siswa.Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode survey dengan jenis penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan sebenarnya dari fenomena objek yang diteliti dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas pada skripsi ini. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 391 siswa, kemudian penulis mengambil sampel sebanyak 100 responden, dalam pengambilan sampel penulis menggunakan teknik sampling random. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Uji coba instrument meliputi uji coba validitas angket dan uji coba reliabilitas angket. Dan analisa data meliputi analisis korelasi product moment pearson.Hasil penelitian menunjukan bahwa kesadaran beragama guru menurut siswa dan ketaatan beragama siswa di MAN 2 Kota Bogor terdapat korelasi yang signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil r hitung > r tabel 5%, yaitu 0,76 > 0,195. Ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.