HUBUNGAN PERGAULAN SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pergaulan siswa di sekolah dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Bumi Sejahtera Kabupaten Bogor. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 53 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah, wawancara dan kuesioner. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pergaulan siswa di sekolah mencapai 34,4% dengan jawaban sering. Maka dapat disimpulkan bahwa pergaulan siswa di sekolah dikatakan baik. Sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI mencapai 48,72% dengan jawaban sangat setuju. Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa sangan baik. Hasil dari korelasi product moment kedua variabel tersebut didapatkan thitung > ttabel (0,48 > 0,228) pada taraf signifikan 5%, sedangkan pada taraf signifikan 1% didapatkan thitung > ttabel (0,48 > 0,318), berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara pergaulan siswa di sekolah dengan motivasi belajar siswa pata mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bumi Sejahtera.