HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui(1) ruang lingkup mata pelajaran Fikih (2) peran guru mata pelajaran Fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI (3) motivasi belajar siswa kelas XI di MAN 2 Kota Bogor (4) faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas XI (5) prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Fikih (6) faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas XI (7) hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan teknik survey. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Kota Bogor yang berjumlah 394 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisa korelasional dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Fikih dengan nilai 0,63 yang berada dikisaran angka 0,40-0,70 yang termasuk korelasi SEDANG. Kemudian dengan memeriksa Tabel nilai ?r? Product Moment ternyata dengan df sebesar 58, maka diambil nilai yang mendekati yaitu 60 pada taraf signifikan 5% diperoleh ?r? Tabel = 0,254 sedangkan taraf 1% diperoleh 0,330. Dengan demikian pada taraf signifikasi 5% rxy = 0,63> r Tabel 0,254 dan pada taraf signifikasi 1% rxy = 0,63 > r Tabel 0,330maka hipotesis alternatif (Ha) diterima.