PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X MENGENAI BIOGRAFI UMAR BIN KHATTAB

  • Taufik Anwar Lubis
  • Retno Triwoelandari
  • Rofi'ah -
Keywords: jigsaw, kognitif, Umar

Abstract

Latar belakang karya ilmiah ini adalah ketertarikan terhadapkhalifah Umar bin Khattab yang diakui eksistensinya sampai sekarang, bukan hanya oleh muslim tetapi di belahan Barat juga dijadikan sebagai pengetahuan. Selain itu penulis menerapkan metode pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan materi tersebut sehingga dipilihlah metode pembelajaran jigsaw. Akhirnya, inilah yang mendorong penulis melakukan penelitian penerapan metode pembelajaran jigsaw menelaah tentang hasil belajar siswa ranah kognitif siswa MAN 2 Kota Bogor.penelitian eksperimen yang membandingkan hasil belajar ranah kognitif siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik t-test dengan mendapatkan data menggunakan alat ukur tes yang berdasarkan sebaran data normal dan sampel homogen. Kemudian, penulis membandingkan, menganalisa, dan menyimpulkan dalam pembahasan.Kesimpulan: Pertama, penerapan metode pembelajaran jigsaw merupakan pembelajaran yang menyenangkan dengan mengedepankan keaktifan dan kemandirian sehingga siswa bertangung jawab dalam menyampaikan materi yang didapatnya dari diskusi kelompok ahli kepada kelompok asal, juga melatih komunikasi sehingga materi sejarah Umar bin Khattab tersampaikan secara menyeluruh dan luas meskipun terdapat kekurangan berupa kegaduhan kecil dalam pembelajaran. Kedua, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dinyatakan tuntas dalam pembelajaran dan mencapai ranah kognitif C1 sampai C6 dengan kategori baik untuk kelompok eksperimen serta cukup baik untuk kelompok kontrol. dan Ketiga, Terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif siswayang signifikan, antara siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran jigsaw dan tidak diberi perlakuan metode pembelajaran jigsaw.

Published
2018-07-03