PENERAPKAN METODE TILAWATI DAN PENILAIAN MUNAQOSAH DALAM MENINGKATKAN MEMBACA AL-QURAN
Abstract
Dalam pembelajaran Al-Qur?an masih ditemukan masalah pada kelancaran membaca Al-Qur?an antara lain: Guru yang masih menerapkan metode klasik, pembelajaran yang masih monoton dan kurangnya minat dalam mengikuti pembelajaran membaca Al-Qur?an. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan metode Tilawati dan Penilaian Munaqosah terhadap peserta didik kelas X dalam membaca Al-Qur?an di SMK Darussa?adah Sentul Bogor dan Untuk mengetahui apakah penerapan metode Tilawati dan Penilaian Munaqosyah tersebut dapat meningkatkan keberhasilan peserta didik kelas X di SMK Darussa?adah dalam membaca Al-Qur?an.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang memiliki empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data terdiri dari Tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menganalisa dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi relatif (presentase). Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus. Pada tahap Observasi aktivitas guru mengalami peningkatan pada setiap siklus. Observasi aktivitas guru pada siklu I mencapai 75%, pada siklus II mencapai 85% kenaikan dari siklus I ke siklus II 10% dan pada siklus III mencapai 91% kenaikan dari siklus II ke siklus III 6%.Hasil tes penilaian munaqosyah dalam membaca Al-Qur?an secara tartil dan sesuai ilmu tajwid mengalami peningkatan pada kelas X SMK Darussa?adah Sentul Bogor. Hasil tes penilaian munaqosyah dengan perolehan nilai rata-rata peserta didik pada pra siklus 64,73, siklus I 77,33, kenaikan dari pra siklus ke siklus I 12,6 pada siklus II 81,73 kenaikan dari siklus I ke siklus II 4,4 dan pada siklus III 85,73, kenaikan dari siklus II ke siklus III 4. Dengan demikian, penerapan metode dan penilaian munaqosyah dapat meningkatkan membaca Al-Qur?an peserta didik pada mata pelajaran tambahan tahsin & tahfidz kelas X di SMK Darussa?adah Sentul Bogor.