REVITALISASI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PERUBAHAN ZAMAN

  • Mustika Wiguna
Keywords: Revitalisasi kurikulum, pondok pesantren, perubahan zaman

Abstract

Pondok pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan yang dipercaya dapat melaksanakan pendidikan dua puluh empat jam sehari yang kesemuanya terjadwal. Pada pelaksanaannya, revitalisasi kurikulum mutlak dilakukan oleh semua lembaga pendidikan termasuk pondok pesantren, agar selalu sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada setiap zaman. Pada prinsipnya, kurikulum yang baik adalah kurikulum yang disusun berdasarkan kebutuhan masyarakat sekarang maupun memperkirakan kebutuhan di masa yang akan datang serta dapat mengembangkan seluruh potensi peserta didik. Kurikulum tidak seharusnya disusun berdasarkan kepentingan politis semata sehingga menyebabkan bergantinya kurikulum pada setiap pergantian kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kurikulum di pondok pesantren serta diharapkan dapat memberikan ide-ide untuk pengembangan kurikulum yang dapat diterapkan di pondok pesantren dikemudian hari. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur namun disertai dengan kunjungan dan observasi ke beberapa pondok pesantren yang dianggap dapat mewakili kondisi pondok pesantren yang ada di Indonesia dewasa ini sebagai gambaran untuk dapat mengembangkan kurikulum pondok pesantren.Dari hasil penelitian didapat fakta bahwa kurikulum pondok pesantren merupakan kurikulum yang dibuat dan disusun oleh kyai yang memimpin pondok pesantren yang biasanya merupakan representasi dari visi dan misi kyai. Sekurangnya ada empat tipe kurikulum yang diterapkan di pondok pesantren dewasa ini yang semuanya masih bisa dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan zaman.

Published
2018-07-03