Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini diawali oleh sebuah masalah yakni proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Bogor masih sering menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran yang sederhana, belum memaksimalkan penggunaan media pembelajaran interaktif yang menarik, sedangkan media pembelajaran yang berbasis Audio Visual jarang diterapkan pada mata pelajaran PAI sehingga proses belajar mengajar kurang berjalan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah dengan distribusi frekuensi relatif. Hasil penelitian dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bogor. Pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 83,33%. Pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat 10% sehingga mencapai 93,33% sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bogor.