EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMA NEGERI 1 BOGOR

  • Mawar Kusumastuti Kusumastuti
  • Santi Lisnawati
Keywords: evaluasi, kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Kurikulum merupakan syarat mutlak dan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan di suatu sekolah. SMA Negeri Bogor sudah sangat terkenal sebagai sekolah rujukan dan sekolah unggulan di bidang sainsnya, sedangkan untuk bidang keagamaannya sendiri masih perlu untuk diteliti. Untuk mengetahui seberapa baik Pendidikan Islam yang diterapkan oleh sekolah dapat dilihat dari keberjalanan kurikulum PAI sekolah itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan penilaian hasil belajar siswa mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Bogor. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Negeri 1 Bogor menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam sudah terlaksana dengan sangat baik, karena dari seluruh tabel keterlaksanaan tercapai 92,5%, yaitu visi misi sekolah yang sangat baik sesuai dengan kurikulum 2013, tersedianya sarana dan prasarana sekolah yang sangat lengkap, wakil kepala bidang kurikulum dana guru PAI sudah mengembangkan kurikulum 2013 dengan sangat baik, guru pengajar PAI yang sesuai dengan latar belakang keilmuannya, tersedianya berbagai macam kegiatan pembiasaan dan ekstrakurikuler, kompetensi guru yang baik, serta sikap dan motivasi siswa yang baik, (2) Hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran Pendidikan Agama Islam juga diperoleh hasil yang sangat baik yaitu dengan perolehan skor siswa yang tuntas di atas KKM sebesar 94%.

Published
2018-07-03