HUBUNGAN METODE REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SMA TAMAN ISLAM KABUPATEN BOGOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode reward dan punishment dalam proses pembelajaran bahasa Arab, tingkat motivasi belajar bahasa Arab siswa, dan hubungan antara penggunaan metode reward dan punishment dalam proses pembelajaran bahasa Arab di SMA Taman Islam Kabupaten Bogor. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi yang di lakukan di SMA Taman Islam Kabupaten Bogor dengan jumlah sampel sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara metode reward dan punishment dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab sebesar 0,82 yang terletak antara 0,70-0,90, dilihat dari tabel interpretasi data yang termasuk korelasi TINGGI. Kemudian dengan melihat Tabel nilai ?r? Product Moment ternyata dengan df sebesar 53, maka diambil nilai yang mendekati yaitu 50 pada taraf signifikan 5% di diperoleh r Tabel = 0,273 sedangkan taraf 1% diperoleh 0,354. Dengan demikian pada taraf signifikan 5% rxy = 0,82 > r Tabel 0,273 dan taraf signifikan 1% rxy = 0,82 > r Tabel 0,354, berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berarti semakin sering guru memberikan reward dan punishment semakin tinggi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab.