CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWAPADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

  • Hidayatul Mukaromah
  • Imas Kania Rahman
Keywords: Contextual Teaching and Learning ( CTL), Karakter religius

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep strategi pembelajaran CTL berbasis nilai Islam dalam membentuk karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah library research dengan pendekatan kualitatif. CTL menjadi salah satu startegi pembelajaran yang menekankan pada proses yang mengaitkan materi pelajaran dengan realita kehidupan nyata. Ada enam metode yang dapat digunakan untuk mengaitkan pengajaran kontekstual dan pembelajaran. Adapun CTL berbasis nilai-nilai Islam adalah strategi pembelajaran CTL yang mengintegrasikan nilai-nilai dalam prosesnya. Karakter religius merupakan suatu sifat yang melekat pada diri seseorang atau benda yang menunjukan identitas, ciri, kepatuhan ataupun pesan keIslaman. Indikator karakter religius diantaranya: selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, selalu mengucapkan rasa syukur atas nikmat Tuhan, memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat, mengungkapkan kekaguman tentang kebesaran Tuhan,membuktikan adanya Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Dalam membentuk karakter pada pembelajaran matematika dapat diupayakan dengan melatih siswa melakukan kegiatan melalui kebiasaan atau rutinitas yang dapat dilakukan setiap saat atau setiap hari dan juga melalui internalisasi nilai –nilai Islam dengan mengkaji SK KD dan meninjau kembali silabus yang telah memuatniali-nilai Islam . Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dalam membentuk suatu karakter religius dapat menggunakan strategi CTL berbasis nilai-nilai Islam melalui pembiasaan dan tahapan-tahapan yang diaplikasikan dalam berbagai kegiatan rutin sehari-hari dan diinternalisasikan dalam pembelajaran.

Published
2018-07-03