HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Cakrawala Bojonggede. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan metode korelasi. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian tentang pola asuh orang tua dan prestasi belajar anak di sekolah pada siswa kelas VIII di SMP Cakrawala Bojonggede yang berjumlah 93 siswa.Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket pada 93 siswa, angket terdiri dari 17 item yang berisi tentang pertanyaan seputar pola asuh orang tua. Angket ini merupakan Variabel (X), sedangkan Variabel (Y) diambil dari nilai rapor anak. Dari penelitian ini diharapkan ada hubungan yang erat antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa.Hasil penelitian menunjukan pengaruh posistif yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa. Dengan kata lain dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh yang sangat kuat antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMP Cakrawala Bojonggede. Dari hasil penelitian ini bagi guru dapat dijadikan acuan untuk guru supaya lebih sering berinteraksi dengan orang tua murid untuk memberikan informasi tentang sikap dan perilaku anak ketika di rumah.