PENGARUH PEMANFATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini diadakan dengan latar belakang masalah bahwa perpustakaan sekolah mempunyai peranan yang penting dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 10 Kota Bogor dari bulan Semptember sampai dengan Januari 2018, yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 10 Kota Bogor kelas dengan jumlah 70 orang. Ini merupakan sebagian dari populasi yang berjumlah 444 siswa. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui tingkat pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar oleh siswa SMAN 10 Kota Bogor, untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian digunakan dengan teknik pengumpul data angket, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa diperoleh berdasarkan angket yang diisi oleh siswa SMAN 10 Kota Bogor. Metode yang digunakan adalah jenis kuantitatif, dengan perhitungan menggunakan rumus korelasi produc moment diperoleh r hitung sebesar 0,46. Berkisar antara 0,2 sampai 0,7 berarti korelasi positif termasuk dalam katagori sedang atau cukup. Jika dikonsultasikan dengan tabel angka kritik produk moment taraf signifikasi N-nr = 70-2= 68, pada taraf signifikasi 5% (0,304) dan 1% (0,393) dengan demikian rhitung lebih besar dari rtabel (0,304<0,46> 0,393 ) ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.