KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IMAM AL-GHAZALI PADA PENDIDIKAN AKHLAK SISWA

  • Zainullail Ilham
  • Santi Lisnawati
Keywords: Konsep Pendidikan, Akhlak Imam Ghazali

Abstract

Imam Al-Ghazali adalah sosok ulama besar yang memberikan perhatian terhadap akhlak. Pada zaman ini sangat mengawatirkan banyak orang-orang terpelajar tapi berakhlak. Inilah yang mendorong penelitian ini untuk menggambarkan kondisi, berbagai situasi, atau berbagi fenomena tealitas sosial yang ada di SMA Negri 1 Cibungbulang bogor yang menjadi objek penelitian, dan berupaya menarik realitas itu kepermukaan sebagai suatu ciri, karakter, sifat, model, tanda, gambaran tentang kondisi, situasi, ataupun fenomena tertentu. Kemudian, dibandingkan, dianalisa, dan disimpulkan dalam satu pembahasan yang utuh.Kesimpulan yang dapat di ambil dari penelitian ini, yaitu: Pertama, konsep pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali adalah pendidikan yang harus dibiasakan, dilatih, dibina, dan diterapkan secara terus menerus dengan penuh perjuangan, kelembutan, ketegasan, keindahan, dan kesabaran dalam waktu yang tidak sebentar. Sehingga akan lahir perbuatan-perbuatan terpuji tanpa pemikiran, pertimbangan, dan penelitian namun sesuai dengan al-Qur’an dan al-Hadits.Kedua, pendidikan akhlak siswa di SMAN 1 Cibungbulang Bogor berjalan secara perlahan-lahan dan bertahap dengan berbagai macam cara seperti pembiasaan, pelatihan, dan kasih sayang di antara warga sekolah telah memperoleh hasil yang menggembirakan. Perilaku siswa khususnya, sudah mulai menampakan nilai-nilai akhlaqul karimah mulai dari perkatannya dan perbuatannya. Sehingga dimanapun, kapanpun, dan dengan siapapun mereka akan berusaha menampilkan akhlak-akhlak yang terpuji sesuai dengan visi dari SMAN 1 Cibungbulang Bogor.

Published
2018-07-03