PEMBIASAAN TADARUS HARIAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI AKADEMIK SISWA DI MA DAARUL MUSTAQIEM KAB. BOGOR

  • Imas Lahatun Hasanah
  • M. Dahlan R
  • Tjetjep Suhandi
Keywords: Pembiasaan, Tadarus, Nilai, Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembiasaan tadarus harian dan pengaruhnya terhadap nilai akademik siswa dan ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Pembiasaan tadarus harian siswa dengan nilai akademik siswa di MA Daarul Mustaqiem Kabupaten Bogor. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji validitas, normalitas dan reliabilitas. Hasil penelitian didapat bahwa ada pengaruh variabel Pembiasaan tadarus harian dengan Nilai akademik siswa. Untuk mengetahui tabel signifikan rxy melalui tabel (degrees of freedom) atau derajat bebasnya dengan rumus df = N – nr. Dalam penelitian sampel yang diteliti sebanyak 81 responden maka N = 81, sedangkan variabel yang diteliti 2 variabel, jadi nr = 2, dengan demikian df = N-nr = 81-2 = 79. Dengan demikian pada taraf signifikan 5% rxy= 0,43 lebih besar dari pada r tabel 0,232 dan pada taraf signifikasi 1% rxy= 0,43 >rtabel 0,302 berarti hipotesis alternatif (HA) diterima, ini berarti terdapat korelasi yang signifikan antara Pembiasaan Tadarus siswa dengan Nilai Akademik siswa MA Daarul Mustaqiem Kabupaten Bogor. Untuk meningkatkan pembiasaan tadarus siswa dan nilai akademik siswa, diadakan pembiasaan tadarus harian agar nantinya mereka mengerti bagaimana dampak dari pembiasaan tadarus harian terhadap nilai akademik siswa, sehingga nantinya, diharapkan para siswa dapat menyadari dan mengerti kewajiban atau tugas mereka sebagai pelajar. Begitupun dengan para siswa hendaknya dapat menggunakan Pembiasaan tadarusnya secara proporsional dengan cara mampu merubah nilai-nilai akademiknya dengan baik.

Published
2018-07-03