HUBUNGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KARAKTER SISWA

  • Nurhikmah Noviyanti
  • Hidayah Baisa
Keywords: kompetensi, kepemimpinan, karakter, siswa

Abstract

Keberhasilan pendidikan tidak hanya diukur dari tercapainya nilai akademik siswa, akan tetapi mampu mencetak generasi berkarakter dan berakhlak mulia yang diwujudkan dalam sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Namun dunia pendidikan akhir-akhir ini telah dihadapkan dengan fenomena-fenomena yang kurang menggembirakan terkait merosotnya nilai-nilai moral yang dimiliki oleh siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan hadirnya peran Guru Pendidikan Agama Islam yang mengimplementasikan kompetensi kepemimpinan, agar menjadikan siswa mengamalkan pelajaran yang didapat dalam bentuk tingkah laku yang baik dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam dan karakter siswa di SMP Negeri 1 Parung sertauntuk mengetahui hubungan kompetensi kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam dengan karakter siswa di SMP Negeri1 Parung. Menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelatif. Adapun analisis data menggunakan korelasi Product Moment untuk mengetahui interpretasi besarnya “r” Product Moment. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan hasil perhitungan rxydengan diperoleh hasil korelasi sebesar 0,490. Pada taraf signifikan 5% diperoleh rtabel sebesar 0,273 dan pada taraf signifikan 1% diperoleh rtabel sebesar 0,354. Indeks korelasi “r” Product Moment ternyata terletak pada indeks 0.40-0.70 yang berarti terdapat hubungan yang sedang atau cukupan antara kompetensi kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam dengan karakter siswa di SMP Negeri 1 Parung.

Published
2018-07-03