KORELASI KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN NILAI KARAKTER SISWA
Abstract
Salah satu permasalahan globalisasi yang sangat kompleks saat ini yaitu dalam bidang kemajuan teknologi, ekonomi dan kecanggihan sarana informasi. Kondisi tersebut telah membawa dampak positif sekaligus dampak negatif bagi bangsa Indonesia. Kebudayaan negara-negara Barat yang cenderung mengedepankan rasionalitas, mempengaruhi negara-negara timur termasuk Indonesia yang masih memegang adat dan kebudayaan leluhur serta menjunjung nilai tradisi dan spiritualitas keagamaan. Hal inimenjadikan tantangan bagi Guru Pendidikan Agama Islam dalammenanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik dengan mengimplementasikan kompetensi leadership agar menjadisosok guru yang berkarakter kuat dan mampu mengemban amanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kompetensi leadership guru pendidikan agama islam dengan nilai karakter siswa di SMPN 2 Cibungbulang.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan korelasi product momentdengan bantuan SPSS 20.Berdasarkan penelitian dan pembahasan mengenai studi korelasi kompetensi leadership Guru Pendidikan Agama Islam dengan nilai karakter siswa di SMPN 2 Cibungbulang, maka hasil yang diperoleh rxy yaitu 0,450 atau 0,450 ≥ α = 0,05 yang terletak di antara 0,40 – 0,70 sehingga terdapat korelasi yang positif antara variabel X dan variabel Y dengan kategori sedang atau cukup.Hasil yang diperoleh derajat bebas (db) rxy ≥ dari pada rtabeluntuk taraf signifikan5% diperoleh sebesar 0,273 sedangkan 1% diperoleh sebesar 0,354.Dengan demikian rxy lebih besar dari pada rtabel baik pada taraf signifikan 5% atau 1%. Sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
Kata Kunci: Leadership, Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai Karakter