PERAN KOMPETENSI LEADERSHIP(KEPEMIMPINAN) GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA ISLAMI

  • Nendi Suherman
  • Maemunah Sa’diyah
Keywords: Kompetensi, Leadership, Menciptakan Budaya Islami

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pemimpin dalam menciptakan pembudayaan Islami memiliki tanggung jawab terhadap seluruh aspek pendidikan Agama Islam mulai dari tanggung jawab terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas hingga mengorganisir lingkungan satuan pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah guru PAI dalam menciptakan budaya Islami di SMP PGRI 1 Cibinong, mengetahui bentuk-bentuk budaya Islami yang telah berkembang di SMP PGRI 1 Cibinong dan untuk mengetahui peran Kompetensi Leadership Guru PAI dalam menciptakan budaya Islami di SMP PGRI 1 Cibinong. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik triangulasi atau gabungan yaitu dengan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kompetensi leadership guru PAI sudah cukup baik dalam menciptakan budaya Islami, hal ini dapat dilihat dari hasil penyebaran angket dengan menggunakan analisis Product Moment yaitu di peroleh rxy adalah 0,53 yang terletak di antara 0,40-0,70. Pada taraf signifikan 5% sebesar 0,279 dan pada taraf signifikan 1% diperoleh rtabel sebesar 0,361, ternyata rxy lebih besar dari pada rtabel baik pada taraf signifikan 5% ataupun 1%, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Untuk membentuk akhlak mulia siswa, peran sekolah begitu penting, salah satunya yaitu dari peran kompetensi leadership guru PAI dengan cara diadakannya kegiatan-kegiatan yang bernilaikan keislaman sehingga mampu menciptakan budaya Islami di sekolah

Published
2018-07-03