PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PGRI KARADENAN PADA PELAJARAN PAI

  • Rifaldiansyah -
  • Gunawan ikhtiono
  • Ahmad Mulyadi Kosim
Keywords: Metode Resitasi, Hasil Belajar

Abstract

Metode resitasi adalah penyajian bahan pelajaran dengan memberikan tugas tertentu kepada peserta didik yang dapat dilakukan didalam dan diluar kelas, di laboratorium, di perpustakaan di bengkel atau di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran menggunakan metode resitasi, mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa di SMP PGRI Karadenan dan mengetahui seberapa besarkah pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa di SMP PGRI Karadenan. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif, dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket dengan skala likert. Sedangkan pendekatannya adalah study kasus dalam arti penelitian difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam, dengan mengabaikan penomena-penomena lainnya. Analisis data yang digunakan adalah validitas dan reliabilitas. Setelah menghitung dengan Corelation terson perolehan r_xy dengan angka 0,50 terletak pada indeks 0,40 – 0,60. Maka, diproleh hasil bahwa terdapat Pengaruh yang sedang atau cukup signifikan antara Metode Resitasi (variabel X) dan Hasil Belajar siswa (variabel Y). Dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan pengaruh yang sedang atau cukup.

Published
2018-07-03