PENGARUH METODE MARKET PLACE ACTIVITY DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP KEAKTIFAN SISWA(SMAN 10 KOTA BOGOR)
Abstract
Pengaruh Metode Market Place Activity Dalam Pembelajaran Pendidikan AgamaIslam (PAI) Terhadap Keaktifan Siswa Di SMAN 10 Kota Bogor.Metode Market Place Activity yang akan diteliti hanya untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan studi kasus kelas XI IPS 3 kelas eksperimen dan XI IPA kelas kontrol di SMAN 10 Kota Bogor, untuk mengetahui keaktifan siswa hanya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Keaktifan siswa adalah suatu proses kegiatan belajar mengajar yang subjek didiknya telibat secara intelektual dan emosional sehingga siswa berperan aktif dalam melakukan kegiatan belajar.Metode Market Place Activitydiartikan sebagai suatu suatu metode yang menggambarkan kegiatan dipasar ada pembeli dan penjual informasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatanTrue Design Eksperimental. Teknik pengambilan sampel yaitu kelas eksperimen XI IPS 3 (27 orang) dan kelas kontrol XI IPA 3 (30 orang).Hasil penelitian ini penulis dapat simpulkan, 1) Keaktifan siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan hasil observasi di kelas XI IPS 3 yaitu sebagai kelas eksperimen di SMAN 10 Kota Bogor, dapat menunjukan hasil yang sangat baik dengan bukti 27 siswa melalui tes tulis ternyata seluruh siswa mendapat rata-rata nilai 9,70.Keaktifan siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan hasil observasi di kelas XI IPA 3 yaitu sebagai kelas kontrol di SMAN 10 Kota Bogor, dapat menunjukan hasil yang kurang baik dengan bukti 30 siswa melalui tes tulis ternyata seluruh siswa hanya mendapat rata-rata nilai 6,70.