PENGARUH KESADARAN MEMBACA BUKU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MEMBENTUK PRIBADI YANG VISIONER
Abstract
Membaca adalah salah satu proses yang sangat penting untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Tanpa bisa membaca, manusia dapat dikatakan tidak bisa hidup di zaman sekarang ini, sebab hidup manusia sangat bergantung pada ilmu pengetahuan yang dimilikinya, dan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan itu, salah satunya dengan cara membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran membaca buku terhadap keaktifan belajar siswa dalam membentuk pribadi yang visioner, dan ingin mengetahui seberapa besar pengaruh kesadaran membaca buku terhadap keaktifan belajar siswa dalam membentuk pribadi yang visioner di MAN 1 Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif, dengan menggunakan teknik survey. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Kota Bogor, yang berjumlah 396 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 40 siswa. teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah rumus korelasi Product Moment Pearson. Pada hasil penelitian di dapat perolehan rxysebesar 0,56. Pada indeks 0,40-0,70 yang berarti terdapat korelasi yang sedang atau cukup antara variabel X dan Variabel Y. Ternyata rxy ?dari padar tabel sebesar 0,3 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Hal ini berarti ada pengaruh yang sedang atau cukup yang signifikan antara Kesadaran membaca buku (Variabel X) terhadap Keaktifan belajar siswa (Variabel Y) di MAN 1 Kota Bogor.