HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

  • Siti Maspupatul Umah
  • Chodidjah Makarim
Keywords: Media Sosial, Prestasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemanfaatan media sosial siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Bogor, (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Bogor, (3) hubungan yang signifikan antara pemanfaatan media sosial dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MAN 2 Kabupaten Bogor yang berjumlah 371 siswa. Adapun sampel yang diambil berjumlah 56 orang. Alat yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai Hubungan Pemanfaatan Media Sosial dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) menunjukkan bahwa, (1) pemanfaatan media sosial siswa dikatakan cukup baik dengan 37,5% menjawab selalu pada pernyataan angket adanya grup belajar dalam WhatsApp, (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Bogor termasuk dalam kategori sedang, dari 56 siswa yang menjadi sampel, 27 siswa (48,2%) berada pada interval nilai >79, (3) ada hubungan yang signifikan antara Pemanfaatan Media Sosial dengan Prestasi Belajar Siswa dengan nilai 0,56 yang berada dikisaran angka 0,40 – 0,70 yang termasuk korelasi SEDANG. Kemudian dengan mameriksa Tabel nilai “r” Product Moment ternyata dengan df sebesar 54, maka diambil nilai yang mendekati yaitu 50 pada taraf signifikan 5% diperoleh “r” Tabel = 0,273 sedangkan taraf 1% diperoleh 0,354. Dengan demikian pada taraf signifikan 5% rxy = 0,56 > r Tabel 0,354, berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Published
2018-07-03