EVALUASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN DI SMP ITA EL-MA'MUR BOGOR

  • Silvia Ulfah
  • Santi Lisnawati
Keywords: Evaluasi Program, Tahfidz Al-Quran

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah belum tercapainya ketuntasan keberhasilan mencapai seratus persen pada program Tahfidz Al-Qur?andi SMP ITA eL-Ma?mur Bogor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konteks, input, proses, dan produk program Tahfidz Al-Qur?an di SMP ITA eL-Ma?mur Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Proses, Produk). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan analisis data statistik sederhana yaitu dengan menggunakan persentase distribusi frekuensi. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Dalam komponen konteks, tujuan dan sasaran program Tahfidz Al-Qur?an sudah kategori baik yaitu memiliki tujuan untuk menanamkan nilai-nilai Qur?ani dan membiasakan suasana Qur?an dalam kehidupan. (2) Dalam komponen input menunjukan bahwa input guru, metode dan sarana dan prasarana sudah kategori baik, akan tetapi dalam input guru masih kurangnya pendidik untuk membimbing tahfidz agar lebih efektif dalam membimbing, sedangkan input sarana untuk belajar Tahfidz masih kurang nyaman karena tidak ada tempat khusus agar tidak terganggu konsentrasi siswa. (3) Dalam komponen proses menunjukkan bahwa jadwal pelaksanaan diadakan setiap hari, target hafalan yaitu 3 juz, proses bimbingan yaitu dengan menyetorkan hafalan setiap harinya 4-5 baris dan dapat dikategorikan baik, tetapi dalam pencapaian target tidak semua siswa dapat mencapai target 3 juz. (4) Dalam komponen produk menunjukan hasil dan dampak dari program Tahfidz dapat dikategorikan baik. Dan adapun ketuntasan pencapain pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur?an memiliki nilai sebesar 76,66 % dan dikategorikan ?Baik?.

Published
2018-07-03