PERANAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER KEAGAMAAN SISWA

  • Risa Haryati
  • Hidayah Baisa
Keywords: Kompetensi Kepemimpinan, Karakter Keagamaan Siswa

Abstract

Memperhatikan betapa menurunnya moral anak bangsa saat ini, yang ditandai dengan menurunnya rasa saling menghargai dan menghormati, banyaknya siswa yang memiliki karakter keagamaan yang rendah, perintah untuk melaksanakan sholat yang sering diabaikan. Hal tersebut menimbulkan tuntutan pada dunia pendidikan untuk dapat melakukan pembentukan karakter para siswanya. Oleh karena itu peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat dibutuhkan khususnya dalam melestarikan nilai-nilai moral keagamaan dan ajaran Agama Islam yang merupakan dasar dalam membentuk karakter keagamaan tersebut. Berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI. (PMA RI) No. 16 Tahun 2010 pada pasal 16 dijelaskan bahwa guru Pendidikan Agama Islam (PAI) harus menguasai lima kompetensi dalam melaksanakan tugasnya, lebih banyak dari kompetensi guru pada umumnya. Kompetensi tersebut meliputi: pedagogik, kepribadian, sosial, profesional dan kompetensi kepemimpinan. Berdasarkan peraturan tersebut, maka timbul permasalahan apakah kompetensi kepemimpinan dapat meningkatkan karakter keagamaan siswa di sekolah. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui peranan kompetensi kepemimpinan guruPendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan karakter keagamaan siswa di SMPN2 Cibinong Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode deskripsi korelatif. Pengumpulan datanya dengan teknik wawancara dan kuesioner, serta analisis data dengan menggunakan rumus korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam sangat baik, karakter keagamaan siswa juga sangat baik. Hasil dari korelasi product moment menunjukkan bahwa kompetensi kepemimpinan Guru Pedidikan Agama Islam dengan karakter keagamaan siswa memiliki peranan yang kuata atau tinggi.

Published
2018-07-03