MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS MENGGUNAKAN METODE CARD SORT SISWA KELAS VIII

  • Gufroni Wildan
  • Retno Triwoelandari
  • Ahmad Sobari
Keywords: card sort, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menggunakan metode card sort. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B Mts Miftahul Huda yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes soal untuk mengetahui hasil belajar. Data diproses untuk menentukan presentase. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan presentase hasil belajar Al Qur’an Hadits siswa kelas VIII B Mts Miftahul Huda Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor. Pada siklus I, presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 56,66%. Pada siklus II, presentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,33%. Pada siklus III, presentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dan telah melewati batas indikator keberhasilan sebesar 75%, presentase hasil siklus III sebesar 86,66%.

Published
2018-07-03