PERAN KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMPN 1 CIBUNGBULANG
Abstract
Tujuan Penelitian yaitu untuk mengetahui peran kompetensi leadership guru PAI dalam menciptakan budaya religius, apa saja budaya religius yang sudah berkembang, dan kendala yang dihadapi guru PAI. Menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi/korelasional. Teknik pengambilan data dilakukan dengan triangulasi teknik (observasi, angket/kuesioner, dan wawancara). Mengambil latar SMPN 1 Cibungbulang. Adapun analisis data menggunakan korelasi product moment untuk mengetahu interpretasi besarnya r product momentlalu dikuatkan dengan hasil wawancara. Hasil yang diperoleh yaitu: (1) maka diperoleh hasil rxy sebesar 0,477. Pada tabel Interpretasi secara sederhana terhadap angka indeks korelasi ?r? Product moment (rxy), angka 0,477 terletak pada indeks 0,40 ? 0,70. Maka, dengan demikian diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang sedang atau cukupan antara variabel X dan variabel Y. Ini berarti, Peran kompetensi leadership Guru PAI dalam menciptakan budaya religius di SMPN 1 Cibungbulang adalah baik. (2) Budaya religius yang sudah berkembang yaitu : Membiasakan senyum, salam, dan sapa (3s), tadarus Al-Qur?an, Sholat dhuha berjama?ah, sholat berjama?ah zuhur di sekolah, Bersedekah dan melaksanakan kegiatan (PHBI). (3) Kendala yang di hadapi Guru PAI yaitu: Masih ada beberapa anak yang belum bisa membaca Al-Qur?an, sarana, dan prasarana yang kurang memadai.