BIMBINGAN DAN KONSELING KARIR BAGI SISWA KASUS PROKRASTINASI AKADEMIK

  • Nuroniah -
  • Imas Kania Rahman
  • Hilman Hakiem
Keywords: Bimbingan dan konseling, karir, Prokrastinasi Akademik

Abstract

Penelitian ini diawali oleh suatu masalah kondisi siswa SMA yang akan dihadapkan pada berbagai macam kemungkinan pilihan hidup yang penting, seperti pilihan untuk melanjutkan studi, dunia kerja yang sesuai dengan kemampuan bakat dan minat, dan semua ini menuntut kemandirian dalam menentukan pilihannya. Bagi siswa yang tidak dapat memahami potensi yang dimiliki, diindikasikan siswa juga tidak akan dapat menetukan berbagai macam pilihan karir, akhirnya akan mengalami masalah yaitu bidang akademik. Tak jarang kebutuhan lapangan tidak sesuai pada realita yang terjadi pada siswa yang mengalami kasus prokrastinasi akademik di masa-masa pembelajaran. Akhirnya banyak diantara mereka yang menjadikan kemampuan non akademik sebagai prioritas utama untuk melanjutkan jenjang perguruan tinggi. Maka, peran bimbingan dan konseling karir sangatlah fundamental bagi setiap institusi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan dan konseling karir (program dan pelaksanaan) serta wawasan karir bagi siswa umumnya, khususnya siswa prokrastinasi akademik. Penelitian ini berbentuk kualitatif studi kasus dengan obyek siswa kelas X IPS (106 siswa) SMA Negeri 2 dan kelas XI IPS (23 siswa) SMA Bosowa Bina Insani Kota Bogor. Alat pengumpul data adalah hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan; 1). Wawasan karir siswa kasus prokrastinasi akademik masih terbatas pada peminatan jurusan semata, belum adanya pemantapan karir, dunia kerja dan pendidikan tinggi, 2). Program dan pelaksanaan layanan karir siswa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya, 2). Tidak ada program layanan karir khusus bagi siswa kasus prokrastinasi akademik.

Published
2018-07-03