INTENSITAS PERMAINAN GAME ONLINE DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA
Abstract
Game online adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan dikomputer. Dampak negatif yang muncul diantaranya yaitu pertama,adalahdampak sosial, membuat anak/remaja menjadi acuh, cuek dan kurang peduli dengan lingkungan danyang kedua, adalah dampak fisik yakni terkena paparan cahaya radiasi komputer dapat merusak saraf mata dan otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas motivasi berprestasi siswa dan pengaruhnya terhadap motivasi berprestasi siswa dan ingin mengetahui apakah terdapat hubungan antara intensitas permainan game online dan pengaruhnya terhadap motivasi berprestasi siswa di MAN 1 Bogor. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penelitian kuantitatif. Di dalam penelitian ini instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Sedangkan pendekatannya adalah studi kasus, studi kasus adalah sebuah penelitian yang menggambarkan pengalaman kasus.Analisis data yang digunakan adalah dengan uji validitas, realibilitas dan normalitas. Setelah menghitung dengan correlation pearson didapat perolehan r_xy sebesar 0,70. Pada indeks 0,70 ? 0,90 yang berarti terdapat korelasi yang kuat atau tinggi yang signifikan antara Variabel X dan Variabel Y. Ternyata r_xy ? dari pada r_tabel sebesar 0,3, sehingga hipotesos nol (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Hal ini berarti ada hubungan yang kuat atau tinggi yang signifikan antara Intensitas Permainan Game Online (Variabel X) dengan Motivasi Berprestasi Siswa (Variabel Y) di MAN 1 Bogor.