The The Contribution of The Platfrom Merdeka Mengajar In Improving Teacher Competency For The 21st Century in The Bandung Regency Citizenship Education Subject Teacher Deliberation Forum
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi Platform Merdeka Mengajar dalam peningkatan kompetensi guru di abad 21. Di era digital yang berkembang pesat, kebutuhan akan kompetensi guru yang adaptif dan inovatif menjadi suatu keniscayaan. Platform Merdeka Mengajar merupakan platform inovatif yang dirancang untuk mendukung para pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan profesional. Platform Merdeka Mengajar menawarkan berbagai fitur dan layanan yang dirancang untuk mempermudah proses belajar mengajar serta meningkatkan kompetensi guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dalam meningkatkan kompetensi guru di abad 21 dan keterampilan serta pengetahuan apa saja yang ditingkatkan oleh guru melalui pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Data dan informasi yang dikumpulkan diperoleh dari narasumber yaitu anggota MGMP PPKn Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Platform Merdeka Mengajar dapat meningkatkan kompetensi guru di abad 21 melalui peningkatan (1) Keterampilan Karier dan Kehidupan (2) Keterampilan Belajar dan Inovasi (3) Keterampilan Literasi Digital, serta penguatan potensi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada tiga komponen utama yaitu pengetahuan kewarganegaraan, keterampilan kewarganegaraan, dan watak kewarganegaraan pada anggota MGMP PPKn Kabupaten Bandung. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi para pengambil kebijakan pendidikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru di abad 21.